Shiototo


Crazy Rich Indonesia




Shiototo - Hermanto Tanoko di nobatkan sebagai salah satu Crazy Rich Indonesia dari Surabaya. Siapakah Hermanto Tanoko? Ia adalah pemilik Cat Avian, tidak hanya dalam bisnis cat, di bawah induk perusahaan Tan Corp terdapat 8 holding atau bidang perusahaan inti. Seperti Tanbiz yang menjadi induk dari brand Avian, Dr.Shield, Avitex, NoDrop, Protec, lalu ada pula Tanobel Food yang menjadi induk dari brand Cleo, Kaki Tiga, Lekat, LuvJus, dan lainnya. Tak sampai disitu, ada TanRise Property yang merupakan induk dari Voza, TritanPro, The 100, dan lainnya. Lalu Tanly Hospitality, induk dari Hotel Vasa, Cleo, hingga Solaris. TanWorld Nerworks, induk dari Depo Bangunan, Target, Water Depo, Moorlife, dan lainnya. Tanlife Health&Beauty, induk dari Laurent, Sekawan Cosmetics, Avione, Holly, dan lainnya. Dan terakhir ada Tanlink Distribution.

Kemudian di total semua, Hermanto Tanoko memiliki 77 perusahaan di lebih dari 300 brand dan lebih dari 15 ribu karyawan. Masih ada lagi hotel yang belakangan ini di bangun oleh Hermanto Tanoko dengan biaya Rp1,8 triliun dan nama hotelnya Cleo.


Semua yang Hermanto Tanoko peroleh berkat orang tua beliau Soetikno Tanoko (Tan Tek Swie) dan Soeryani Tanoko. Mereka keduanya adalah pengusaha. Sejak muda orang tua Hermanto Tanoko sudah berbisnis cat di Malang. Kemudian ibunda berjualan toko kelontong. Sejak muda Hermanto Tanoko sudah memiliki bakat berbisnis berkat arahan sang orang tua. Usaha yang di pegang Hermanto Tanoko pasti berhasil. Sewaktu berumur 14 tahun Hermanto Tanoko pernah mengelola Apotek Airlangga yang menjadi Apotek terkenal di Surabaya. Sepulang dari sekolah setiap hari Hermanto Tanoko di percaya mengelola dan melayani pembeli di apotek. Satu tahun kemudian, dengan riset ke beberapa apotek dan perubahan di sirkulasi keuangan, Apotek Airlangga akhirnya menjadi salah satu apotek paling populer di Surabaya.


Kemudian sang ayah (Soteikno Tanoko) pun mengajak anaknya (Hermanto Tanoko) untuk mengelola Toko Cat milik ayahnya yang sebelumnya memang sudah berkembang. Hasilnya dari 18 karyawan dan menjadi ratusan karyawan di PT Cat Avian. Pencapaian Hermanto Tanoko sampai saat ini tidak lepas dari berbaktinya kepada orang tuanya. Hampir setiap hari di tengah kesibukan bisnisnya, Hermanto pasti menyempatkan diri untuk bertemu dengan sang ayah. Saat Hermanto masih kecil, sang ayah sering memberikan berbagai cerita pengantar tidur. Ayahnya pula yang menjadi mentor perjalanan bisnisnya.

Tidak ada komentar