Shiototo


Tirto Utomo Tokoh Penemu AQUA



Shiototo - Hallo sahabat Inspirasi dan Aspirasi, masih ada sebagian dari kita ketika membeli air mineral selalu mengucapkan "Pak,beli Aqua 1" padahal brend lain. Kenapa bisa begitu?

Nah karena brend Aqua lah yang pertama kali memproduksi air mineral yang betul betul higenis dan terkenal di Indonesia. Tenarnya produk ini ternyata tidak terlepas dari kerja keras Tirto Utomo. Sang pionir air minum dalam kemasan di Indonesia. Sosok Tirto Utomo ini adalah mahasiswa Lulusan Fakultas hukum Indonesia yang membuat banyak perubahan pada perekonomian Indonesia hingga kini.



Tirto Utomo atau Kwa Sien Biauw warga asal Wonosobo yang tinggal di Jakarta, mempunyai usul memproduksi air mineral, ketika itu Tirto yang bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an. Dan Tirto di tugaskan menerima tamu dari luar negeri. Ketika mereka mengadakan rapat salah satu dari tamu tersebut mengalami sakit perut dan diare karena konsumsi air yang tidak bersih. Maklum saat itu belum ada air kemasan jadi yang di sajikan berupa air tanah yang di rebus, kemudian memiliki bau seperti bau tanah.

Dari kejadian tersebut Tirto Utomo mempunyai ide menciptakan air mineral kemudian di beri nama Aqua. kemudian Tirto pun memilih pensiun dari PT Pertamina dan fokus di perusahaan sendirinya. Dengan modal pas pas an Tirto dan adiknya Slamet Utomo, mendirikan pabrik di Bekasi pada tahun 1973 dengan nama PT. Golden Mississippi. Mereka memiliki sekitar 40 orang karyawan yang memproduksi 7 juta liter per tahunnya.


Awal yang sangat sulit di lalui Tirto karena persaingan dengan minuman ringan yang saat itu sedang naik daun seperti Coca-cola, Sprite, Fanta, sedangkan yang dia pasarkan air putih tanpa warna. Tahun ke tahun yang sulit di lalui Tirto, sampai hampir saja menutup pabriknya, 3 tahun kemudian tiba tiba pasar Aqua naik dan orang mulai percaya jika Aqua air mineral berkualitas sangat bagus. Sampai saat ini juga walaupun Aqua air mineral bisa di bilang paling mahal jika di bandingkan dengan air mineral lain. Tetapi dari banyak kalangan yang tetap memilih air Aqua karena sudah di percaya dari tahun ke tahun.


Tidak ada komentar