Shiototo


Kisah Romeo dan Juliet


ROMEO DAN JULIET

Shiototo - Kisah Romeo dan juliet  yang di tulis oleh sastrawan inggris, William Shakespeare. Kisah Romeo dan juliet menceritakan tentang  sepasang mempelai muda yang saling jatuh cinta, tetapi terhalang karena kedua keluarga mereka saling bermusuhan. Montague dan Capulet adalah orang tua dari kedua mempelai yang merupakan musuh bebuyutan. Mereka Montague dan Capulet adalah keluarga penting di Verona.



Berawal dari Lord Capulet mengadakan sebuah pesta dansa. Sekaligus mau memperkenal Count Paris (Keluarga Pangeran Verona) rencana menikahkan mereka. Semua orang diundang Lord Capulet kecuali keluarga Montague. Romeo merupakan putra dari Montague mengetahui keluarga Lord Capulet mengadakan sebuah pesta, Dan secara diam diam pun hadir ke pesta tersebut karena awalnya cinta Romeo tertuju kepada Rosaline (keponakan Lord Capulet).

Namun, Romeo justru jatuh cinta kepada Juliet setelah melihatnya. Romeo mengendap-endap ke halaman Capulet, dan tidak sengaja mendengar ucapan Juliet di balkonnya yang menyatakan cintanya kepada Romeo meskipun keluarganya benci dengan Montague. Romeo lalu muncul di depan Juliet,dan mereka setuju untuk menikah. Mereka di bantu Frater Lawrence (sosok yang ingin kedamaian Montague dan Capulet) menikah secara rahasia pada hari selanjutnya.

Tybalt (sepupu Juliet) yang tahu bahwa Romeo telah menyusup ke pesta dansa Capulet, kemudian Tybalt menantang Romeo untuk bertarung, Romeo yang menganggap Tybalt sebagai saudaranya, menolak bertarung. Mercutio (sahabat romeo) merasa tersinggung dengan tindakan Tybalt lalu bertarung dengan Tybalt lalu Mercutio luka parah sampai hampir tewas. Romeo yang melihat sahabatnya Mercutio luka parah kemudian bertarung dengan Tybalt dan berakhir dengan tewaslah Tybalt.



Karena tewasnya Tybalt, Prince Escalus (Pangeran Verona) memerintahkan Romeo untuk keluar dari Verona dan tidak boleh kembali lagi. Romeo lalu diam-diam menghabiskan malam di kamar Juliet, tempat mereka melakukan pernikahan secara diam-diam. Lord Capulet, yang melihat kesedihan Juliet lalu ingin cepat capet menikahkan  anaknya dengan Count Paris, dan Juliet menolak menikahi Paris. Kemudian Lord Capulet dengan berbagai upaya supaya Juliet segera menikah dengan Paris, sampai mengancam ke Juliet untuk tidak mengakuinya sebagai anak jika Juliet menolak menikahi Paris. Juliet pun memohan dengan ibunya namun di tolak.

Kemudian Juliet pun segera mengunjungi Frater Lawrence untuk meminta bantuan, kemudian Frater Lawrence punya suatu ramuan yang bisa membuatnya tertidur selama 42 jam seperti orang meninggal. Lalu Frater Lawrence membuat rencana untuk Romeo jumpa dengan Juliet saat bangun nanti. Kemudian di malam dimana Paris dan Juliet mau di nikahkan, Juliet pun meminum ramuan tersebut. Mereka yang melihat Juliet percaya jika dia sudah meninggal dan membaring Juliet di pemakaman keluarga.

Ternyata rencana Frater Lawrence untuk mengabari Romeo belum tercapai dan Romeo sudah mendapatkan kabar jika Juliet sudah meninggal. Romeo pun patah hati dan mendatangi makam Juliet, Kemudian Romeo yang tidak mengetahui Juliet yang sedang bersandiwara dan mengira Juliet sudah tewas, Romeo pun meminum racun dan tidur di samping makan Juliet. Kemudian pada saat Juliet bangun, melihat Romeo sudah meninggal di sampingnya Juliet pun bunuh diri dengan menusuk dirinya. Saat Frater Lawrence mereka berdua Romeo dan Juliet sudah tewas.




Frater Lawrence lalu mengabari keluarga Montague dan Capulet, kemudian menceritakan kisah anak mereka selanjutnya berakhirnya permusuhan antara keluarga Montague dan keluarga Capulet. Mereka setuju mengakhiri permusuhan mereka yang sudah turun temurun.

Tidak ada komentar