Shiototo


Kisah Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia



Shiototo - Apa kabar sahabat Inspirasi dan Aspirasi, pastinya baik dan sehat selalu ya. Nah kali ini kami dari Inspirasi dan Aspirasi akan bercerita kisah Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang saat ini menjabat, Sosok wanita sukses ini punya ciri khas selama menjabat sebagai seorang Menteri, kata "Tenggelamkan".

Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965, ibu Susi adalah seorang pengusaha yang saat ini pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air. Susi adalah putri dari seorang peternak sapi dan kerbau, H. Ahmad Karlan dan Hj. Suwuh Lasminah berasal dari jawa tengah yakni orang tua dari Susi. Sejak dulu orang tua Susi adalah pebisnis ternak yang sukses.


Bu Susi Sekolahnya tidak tamat SMA, karena saat itu Bu Susi memilih usaha mengepul ikan di bandingkan melanjutkan sekolah. Bermodal Rp.750.000 dari hasil menjual hiasan Bu Susi mulai mengepul ikan.  Sampai mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek "Susi Brand." Dan ikan ikan Bu Susi di pasarkan sampai ke luar negri dengan menggunakan transpor udaranya Susi Air.

Di era Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Bu Susi mulai menjabat sebagai Menteri, saat menjabat sampai sekarang Bu Susi terkenal sosok yang sangat bijak, tegas, juga giat dalam memberantas illegal fishing di laut Indonesia. Bu Susi tak segan-segan memerintahkan penenggelaman kapal terutama milik asing yang terbukti mencuri ikan di perairan Indonesia. Dengan seruan ciri khasnya "Tenggelamkan". Sampai sekarang sudah ratusan kapal yang di tenggelamkan dari berbagai negara.


Selain menenggelamkan kapal illegal fishing Bu Susi juga di kenal sangat menjaga perlindungan sumber daya kelautan. Dengan kebijakannya BU Susi mendapat anugrah dari luar negri, atau WWF Internasional yang menganugerahinya 'Leaders for a Living Planet Awards'. atas komitmennya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan di Indonesia. Banyak yang mengecam Bu Susi atas tindakannya penenggelaman kapal, tetapi Bu Susi merasa itu sudah sesuai dengan Undang Undang.


Langkah Bu Susi dan kebijakannya sangat menguntungkan buat masyarakat kecil atau para nelayan kita di Indonesia. Makanya banyak sekali yang menyayangi beliau. Semoga Bu Susi sehat selalu dan semangat melakukan aktifitas seperti biasa ya Bu Susi. Terima Kasih.

Tidak ada komentar