Shiototo


Kisah Colonel Sanders Si Penemu KFC



Shiototo - Colonel Sanders yang memiliki nama lengkap Harland David Sanders,  lahir 9 September 1890 di kota Henryville, Indiana, Amerika Serikat, Colonel Sanders di kenal sebagai sosok seorang pebisnis di Amerika dan juga pencipta resep bumbu ayam goreng yang renyah di salah satu rumah makan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC).

Sebenarnya bukan bakat Colonel Sanders sebagai seorang tukang masak atau koki jika melihat kagiatan Colonel Sanders semasa muda. Di usia 13 tahun ia bekerja sebagai tukang cat kereta kuda di indianapolis. Pada usia 14 tahun ia bekerja di pertanian milik Sam Wilson di selatan indiana. Sanders juga pernah menjadi Tentara Amerika Serikat di tahun 1906. Sanders dari usia muda sering berpindah pindah kerja, termasuk kerja sebagai pemadam kebakaran.


Berawal suksesnya Colonel Sanders saat mereka dan beberapa temannya mendirikan perusahaan kapal feri yang beroperasi di Sungai Ohio. Bisnisnya pun berkembang pesat dalam waktu yang singkat. Kemudian Colonel Sanders sudah mulai tidak cocok dengan bisnisnya dan mengundurkan diri dari perusahaan kapal feri, lalu menggunakan uangnya ke bisnis lampu asetelin. Ternyata bisnis lampunya tidak berhasil dan uangnya juga habis.


Kemudian pada tahun 1930 Colonel Sanders dapat tawaran menjalankan bisnis di stasiun pompa bensin di North Corbin , Kentucky, Oleh Shell Oil Company. Dan mereka juga menawarkan sistem bagi hasil. Colonel Sanders mulai menjual ayam goreng dan berbagai aneka makanan lainnya. Ternyata Gubernur Kentucky Ruby Laffoon sering singgah di pom bensin untuk memberi ayam goreng. Beliau sangat suka ayam goreng Colonel Sanders sampai di berikan penghargaan sebagai Kolonel Kentucky oleh Gubernur.

Sambil menyempurnakan resep bumbu ayam gorengnya Colonel Sanders menjalankan bisnisnya. Kemudian pada Desember 1942 terjadi perang dunia ke II dan terjadi kekacauan. Sanders sempat menutup rumah makannya dan beberapa kali pindah pekerjaan dibidang resto dan rumah makan.


Pada usia 65 tahun akhirnya Colonel Sanders menyelesaikan resep ayam gorengnya yang begitu renyah dan lezat. Kemudian ia berkeliling ke kota kota dan restoran ke restoran untuk menjual lisensi bumbu ayam goreng yang dia ciptakan. Sayangnya  sebanyak 800 restoran menolak resep yang tawarkan ia. Kemudian Colonel Sanders pun tidak menyerah dan terus keliling sampai tiba di restoran ke 825 akhirnya ada yang mau membeli resepnya dan selanjutnya mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama KFC. Akhirnya usaha makanan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) berhasil dan mendunia serta patung Colonel Sanders juga ada di mana mana.

Tidak ada komentar