Shiototo


Pengusaha Muda Yang Sukses



Shiototo - Mereka adalah duet mau pebisnis Duo BloBar Merrie Elizabeth dan Ninda Ramandiani. Mereka betul betul sangat jeli dalam berbisnis,mengambil langkah yang sangat tepat dan akurat dalam membidik target utamanya. Berani melepaskan jabatan yang sudah rumayan tinggi di sebuah perusahaan besar adalah resiko mereka yang sangat besar, apa lagi harus di mulai dari nol dan belum di ketahui hasilnya.

Berawal dari Merrie Elizabeth yang memiliki ide membangun sebuah bisnis, kemudian Merrie Elizabeth mengajak adik kelasnya Ninda Ramandiani berbisnis, mereka kiliah di tempat yang sama yaitu magister di Prasetya Mulya Business School. Kemudian bisnis kecantikan yang mereka pilih buat kalier bisnis mereka. Merrie Elizabeth yang sudah memiliki posisi di salah satu perusahaan rokok dan Ninda Ramandiani juga sudah memiliki posisi di perusahaan fashion, dan mereka pun memutuskan resign dari pekerjaan mereka untuk memulai bisnis kecantikan mereka.


Modal yang paspasan dari tabungan mereka selama bekerja dan pinjaman ke beberapa kerabat, mereka pun memulai bisnis kecantikan, pada desember 2014, bisnis kecantikan mereka di beri nama BloBar yang dari kata 'Blow' dan 'Bar' lokasi mereka bidik di kawasan kemang, Jakarta Selatan, BloBar khusus melayani jasa pewarnaan rambut, beserta segala rupa perawatannya khusus rambut dengan harga yang sangat terjangkau dan bervariasi.

Merrie Elizabeth ternyata sangat efektif di bidang pemasarannya, promosi yang banyak di lakukan di media sosial pun banyak mengundang komsumen yang penasaran. keduanya saling mendukung satu sama lain, setiap hari mengunggah ide dan trik mereka di pemasaran. Alhasil komsumen yang datang dari muda sampai tua kisaran usia 17-35 tahun merasa puas dengan layanan salon BloBar. Seiring berjalannya waktu pun karena layanan yang bagus konsumen semakin ramai, karena banyak konsumen yang menyebarkan kepuasan mereka kepada orang lain. Kemudian BloBar salon pun menjadi viral di masa itu. 

Merrie Elizabeth memang sangat optimis dengan salon BloBarnya, walaupun sempat mendapatkan bannya penolakan dari brand ataupun sponsor, belum lagi di tipu oleh vendor, belum lagi pekerjanya yang mereka pekerjakan, semua di lalui dengan sabar dan pantang menyerah. Hasilnya BloBar beroperasi genap 9 bulan Duo BloBar Merrie dan Ninda berhasil balik modal, selanjutnya BloBar bisa menghasilkan ratusan juta untuk sebulannya.


Kemudian Merrie Elizabeth mendapatkan kejutan di Januari 2016 dari Forbes Asia. Nama Merrie Elizabeth masuk sebagai semi finalis '30 Under 30 Asia' di kawasan Asia kategori Retail & E-commerce. Forbes '30 Under 30 Asia' berisikan deretan anak muda yang bermukim di kawasan Asia, yang dinilai sebagai pemimpin muda yang menjanjikan, pengusaha andal ataupun game changer. Ada 10 kategori dalam daftar yang disusun Forbes.

Memasuki tahun ketiga operasionalnya pada 2017, Merrie dan Ninda berpikir untuk menyegarkan konsep BloBar guna menyesuaikan tantangan yang terus berubah di dunia kecantikan. Mereka pun memutuskan mengganti nama unit bisnisnya menjadi Quo Studio, yang bermakna lebih dari tempat mewarnai rambut, namun juga sebagai ajang bagi kemungkinan pengembangan kreativitas dalam menghasilkan tren tata rambut terdepan di kelasnya.

Tidak ada komentar